Tips untuk Menyiasati Keuangan yang Kurang OK Bag3

Selain tabungan terpisah, Mama Papa juga bisa menyimpan dana persalinan dalam bentukdeposito. Namun, deposito mensyaratkan jumlah dana minimum untuk pembukaannya. Selain itu, deposito juga tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu.

Baca juga : Kerja di Jerman

Pertimbangkan faktor-faktor tersebut dan sesuaikan dengan kenyamanan. ‘ TRIK BERHEMAT SEBELUM DAN SETELAH PERSALINAN Selain menghemat biaya operasional bulanan, Mama Papa juga bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan selama kehamilan dan pascapersalinan. Misal, untuk pemeriksaan rutin kehamilan, kontrol ke bidan tentu akan lebih murah dibandingkan ke dokter obgin. Pemeriksaan USG pun tidak perlu dilakukan setiap bulan, minimal empat kali selama kehamilan: sekali pada trimester pertama, sekali pada trimester kedua, dan dua kali pada trimester ketiga.

Jika tidak ada kebutuhan pemeriksaan lanjutan (misal, untuk mengecek ada kelainan bawaan atau tidak pada janin), USG 2D pun telah bisa memberikan gambaran kondisi kesehatan janin dengan baik, tidak perlu USG 3D bahkan 4D. Belanja keperluan si kecil juga bisa dihemat. Ingat, anak usia 0s tahun, pertumbuhannya relatif cepat. Pakaian bayi pun relatif hanya sebentar dipakai. Jadi, tak ada salahnya menerima kebaikan sahabat atau saudara yang ingin memberikan lunsuran baju-baju bayi yang kondisinya masih bagus.

Begitu pula dengan mainan atau keperluan bayi lain, seperti carseat, baby chair atau stroller, Mama bisa menyewa di tempat penyewaan keperluan bayi. Biaya yang dihemat akan jauh lebih besar ketimbang membeli sendiri. Kalau sudah bosan atau tidak terpakai, tinggal mengembalikannya ke tempat penyewaan. Setelah si kecil lahir, fokuslah pada pemberian ASI eksklusif dan buatlah MPASI sendiri saat usia bayi 6 bulan.

Tak hanya manfaat fi nansial, dengan memberikan $SI dan memasak sendiri M3$SI, Mama juga memberikan nutrisi terbaik bagi si kecil. Jadi, tak perlu cemas memikirkan dana kehamilan dan persalinan, ya, Ma. Selama direncanakan dan dikelola dengan baik, dana terbatas bukanlah hambatan untuk menyambut kedatangan buah hati. Selain menghemat biaya operasional bulanan, Mama Papa juga bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan selama kehamilan dan pascapersalinan.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *