ASRock Fatal1ty X99X Killer dan FIN888

ASRock Fatal1ty X99X Killer dan FIN888 – Motherboard kedua juga datang dari ASRock. Bedanya, motherboard ini mengusung nama Fatal1ty, yang berarti ditujukan untuk gaming. Warna khas merah ala Fatal1ty tampak mendominasi motherboard berdimensi ATX ini. Hadir dari satu pabrikan yang sama, Fatal1ty X99X Killer juga mengusung feature HDD saver, Ultra M.2, dan Purity Sound. RAM maksimal yang dapat ditampung juga 128 GB. Perbedaan tampak pada emblem Killer, yang mengindikasikan bahwa motherboard ini dilengkapi Qualcomm Atheros Killer E2200 untuk keperluan networked gaming yang minim lag.

Nama Fatal1ty membawa feature tambahan bagi motherboard ini. Di antaranya terdapat 1 port USB Fatal1ty yang dioptimalkan untuk mouse gaming dan konektor power tambahan untuk memberi asupan daya tambahan bagi GPU favorit pengguna. ASRock juga membekali motherboard ini dengan voucher3 bulan XSplit Premium. Dengan program ini pengguna dapat dengan mudah merekam dan broadcast sesi gaming-nya. Berbicara tentang gaming, motherboard ini menyediakan 3 slot PCIe x16 3.0 untuk konfigurasi 3-Way SLI / CrossfireX. Terdapat 2 PCIe x1 2.0 sebagai pelengkap. Yang patut diapresiasi adalah kehadiran slot mini PCIe dan 1 port USB 3.0 Type Vertical A yang jarang ada di motherboard kebanyakan. Seperti X99 Extreme4, motherboard ini mendukung Thunderbolt 2.

Dengan kecepatan hingga 20 Gbps, Thunderbolt 2 dapat digunakan untuk transfer data ke perangkat Thunderbolt lainnya dan monitor yang mendukung DisplayPort. Bagi pemilik monitor 4K, Thunderbolt dapat menjadi solusi interface, mengingat kualitas 4K terasa maksimal jika menggunakan interface berkecepatan tinggi seperti Thunderbolt atau DisplayPort. Sayangnya, pengguna diharuskan membeli kartu add-on berbasis PCIe secara terpisah agar dapat menikmati feature Thunderbolt ini. Pindah ke segi kelengkapan, motherboard ini tampak kompak dengan X99 Extreme4. Keduanya memiliki kelengkapan yang serupa. Tidak adanya port SATA Express menjadi kekurangan tersendiri bagi Fatal1ty X99X Killer, mengingat SATA Express memiliki transfer rate yang lebih tinggi dari SATA3.

Sumber : https://net89.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *