Ukuran Kecil dengan tingkat efsiensi besar

Melalui Ford Fiesta, Ford Motor Indonesia mem perkenalkan mesin dengan teknologi EcoBoost. Teknologi mesin yang diyakini dapat menghe mat bahan bakar cukup besar ini merupakan salah satu kebanggaan dari Ford Motor Company. EcoBoost sendiri merupakan bagian dari sistem turbocharger. Turbocharger merupakan sebuah komponen dalam mesin yang bekerja seperti turbin guna meningkatkan kekuatan mesin melalui tambahan injeksi udara ke dalam combustion chamber.

Baca juga : Net89

Melalui sistem ini akan dihasilkan komposisi bahan bakar yang pas sehingga tingkat penggunaan bahan bakar dapat dihemat hingga 20 persen dari keadaan normal. Untuk Ford Fiesta yang ada di Indonesia, EcoBoost 1.0 litre ini diterapkan pada mesin dengan sistem tiga silinder segaris (in-line three cylinder). Walaupun memiliki kapasitas 1000 cc, mesin dengan teknologi EcoBoost 1.0 litre ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 125 PS (sekitar 92 Kw).

Tenaga sebesar ini tentu tidak kalah dengan jenis mesin 4 silinder yang digunakan oleh Ford Fiesta 1.5 litre. Pada mesin tiga silinder, biasanya dua silinder bergerak secara bersamaan dan satu silinder lagi bergerak sendiri. Hal inilah yang kadang mengakibatkan mesin bergoyang ke sisi kanan dan kiri. Produsen kendaraan lain biasanya mengakali ketidakstabilan ini dengan menambahkan poros pengimbang. Namun, poros ini tentu menambah bobot kendaraan sehingga mengorbankan efeisiensi bahan bakar.

Berbeda dengan solusi EcoBoost dari Ford. Mereka justru sengaja membuat mesin tidak seimbang sehingga dapat memaksakan getaran ke arah yang kurang sensitif. Selanjutnya, guna mengurangi getaran sisa, Ford menggunakan solusi lainnya, seperti menggunakan sistem peredaman mesin yang lebih baik, mendesain mesin yang eksklusif sehingga dapat mengurangi getaran, merancang kopling dan flywheel dengan desain khusus, hingga membuat struktur mesin yang kompak sehingga dapat meminimalkan kebisingan lebih optimal. Ford Motor Company ini sendiri sebenarnya tidak hanya diterapkan pada mesin tiga silinder. Ford membuat juga EcoBoost I-4 untuk mesin 1.5 litre, 1.6 litre, 2.0 litre, V-6, dan V-8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *