Suryo Tan Bilang Uangnya Sudah Diberikan

LOW Kok Thye tak pernah menyangka Suryo Tan bakal mengkhianati kepercayaannya. Bos perusahaan Malaysia, Southern Keratong Plantation Sdn Bhd, itu menganggap Suryo telah menipunya dalam pengurusan hak guna lahan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Warga Malaysia yang biasa dipanggil Nick Low atau Dr Nick itu menceritakan kasus yang membuat dia bersengketa dengan Suryo. Kepada Anton Aprianto dan Prihandoko dari Tempo, Nick menjelaskan semuanya dalam wawancara di Hotel Sheraton Grand, Jakarta Selatan, Rabu dua pekan lalu.

Bagaimana Anda bisa mengenal Suryo Tan? Perusahaan kami punya masalah tanah telantar pada akhir 2011. Kami tidak mengerti cara mengurusnya. Kemudian Raymond Wong, pengacara perusahaan, mengaku mengenal orang yang bisa membantu mengurus masalah itu. Namanya Suryo Tan. Kami cek background-nya. Memang sempat banyak masalah, tapi empatlima tahun terakhir dia bersih.

Kapan pertama kali bertemu? Akhir November 2011 di Hotel Century, Jakarta. Kami tak membicarakan apa-apa. Suryo cuma bilang sudah bertobat, bahkan dia membawa Alkitab. Setelah itu, kami beberapa kali bertemu. Dia mau membantu kami dan mulai bekerja pada Mei 2012.

Apa tugas Suryo? Dia membantu menyelesaikan masalah tanah telantar saja. Dia juga menjadi komisaris. Kami mendukung dia dengan memberikan mobil dan biaya operasional. Enam bulan pertama, dia memang bekerja dengan transparan. Banyak masalah yang selesai. Tapi, setelah itu, dia selalu menghalangi kami bertemu dengan orang yang terkait dengan pengurusan lahan. Salah satunya bupati.

Apa alasan Suryo? Dia bilang orang-orang itu tidak suka kepada kami. Waktu itu, ada masalah antiMalaysia terkait dengan Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan. Dia mengaku sebagai orang Indonesia, bukan Singapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *