RESEP FISH AND CHIPS

Fish and Chips, atau fish and chips, adalah salah satu hidangan gastronomi  yang paling lezat dan terkenal, baik sebagai makanan “dibawa pulang” dan sebagai hidangan utama di pub: Anda dapat menemukannya di daftar yang paling populer bersama dengan puding toffee lengket! Ini adalah ikan, biasanya fillet cod, dicelupkan ke dalam adonan yang sangat kental dan kemudian digoreng. Disajikan dengan keripik, kentang goreng yang dipotong-potong, dan bubur kacang rasa mint. Fish and chips adalah suguhan yang harus dimanjakan dalam jumlah sedang dan ditemani, untuk makan malam informal. Keunikan hidangan ini terutama terletak pada adonannya: setiap daerah memiliki aturan dan rahasia sendiri yang diturunkan dari generasi ke generasi. Ada juga yang menggunakan bir di antara bahan-bahannya agar adonan lebih renyah dan warnanya lebih pekat!

CARA MENYIAPKAN FISH AND CHIPS

Untuk menyiapkan ikan dan keripik, mulailah dengan adonan yang akan mengembang: larutkan ragi pembuat bir dalam 3 sendok makan susu hangat, campur dan biarkan selama sepuluh menit di dalam api. Kemudian masukkan semua bahan lainnya ke dalam mangkuk yang cukup besar: tepung putih, kertas jagung, ayak, sejumput cabai, ragi telur dan sejumput baking powder dan sisa susu pada suhu kamar. Dengan pengocok, aduk bahan hingga rata, lalu tambahkan ragi bir yang dilarutkan dalam susu tadi dan setengah sendok teh garam. Tutup wadah dengan cling film dan biarkan adonan berfermentasi selama 1 setengah jam di lingkungan yang hangat dan bebas aliran udara.

Baca Juga : Hidangan Nasi Ayam Panggang Ala Nasi Kotak Indonesia

Sementara itu, siapkan bubur kacang; kupas kacang polong segar, lalu cincang halus bawang merah dan panaskan minyak dalam wajan. Tuang bawang merah cincang ke dalam loyang dan biarkan mengering selama beberapa saat;

lalu tambahkan kacang polong dan daun mint. Untuk membantu memasak dan memberi rasa, tuangkan satu sendok kaldu sayuran dan rebus kacang polong selama 10-15 menit.

Saat sudah siap, angkat kacang polong dari api, sisihkan beberapa sendok dan haluskan sisanya; bumbui dengan garam dan kemudian dengan sendok kayu tambahkan kacang polong, sisihkan ke haluskan. Siapkan keripik: kupas kentang dan memotongnya memanjang, untuk mendapatkan batang dengan ketebalan sekitar 1-1,5 cm; bilas dengan baik di bawah air mengalir untuk menghilangkan pati di permukaan dan mengeringkannya sepenuhnya dengan kain dapur.

Baca Juga : Vendor Catering Pernikahan Jakarta

Terakhir, siapkan “ikan”: potong fillet cod menjadi persegi panjang sekitar 8-10cm dan tebal 19cm. Sekarang Anda bisa menggoreng fish and chips; dalam dua panci, panaskan minyak, periksa dengan termometer dapur bahwa suhunya tidak melebihi 130-140 °. Goreng beberapa kentang selama sekitar 4 atau 5 menit; penggorengan suhu rendah pertama ini digunakan untuk memasak bagian dalam kentang tetapi tidak boleh membuatnya renyah di luar. Tiriskan dari minyak dengan bantuan sendok berlubang dan tiriskan di atas nampan yang dilapisi kertas penyerap. Sisihkan karena Anda akan melanjutkan ke penggorengan kedua. Kemudian naikkan suhu minyak menjadi sekitar 180 °, sementara itu masukkan potongan ikan cod untuk direndam dalam adonan (yang akan mulai terfermentasi) celupkan dengan penjepit 23. Biarkan terendam beberapa saat, kemudian tiriskan satu per satu dan buang. dalam minyak mendidih, 2-3 buah sekaligus 24 untuk mencegahnya menempel satu sama lain.

Jika adonan sudah berwarna cokelat keemasan, tiriskan 25 fillet ikan dan letakkan di atas nampan yang dilapisi kertas penyerap 26; jangan terlalu lama memasak, karena ikan akan digoreng dalam waktu yang lama akan menjadi terlalu kering sehingga baunya hilang. Terakhir, goreng kentang untuk kedua kalinya, selalu sedikit demi sedikit, dalam minyak yang sama yang digunakan untuk memasak ikan, sampai kentang berwarna cokelat keemasan dan garing. Sajikan ikan dan keripik panas sebagai pendamping hidangan dengan bubur kacang mint khas 27.

PENYIMPANAN

Dianjurkan untuk mengonsumsi ikan dan keripik saat ini.

NASIHAT

Jika mau, Anda dapat menggoreng seluruh fillet cod, tanpa memotongnya menjadi potongan-potongan kecil: dalam hal ini, hitung satu untuk setiap restoran!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *