Membuat Gambar Vector di Illustrator ala Net89 Bag2

Membuat Gambar Vector di Illustrator ala Net89 Bag2 | 6. Mengatur layer Setelah melengkapi bagian gambar dan mengisi kembali posisi Fill dengan warna pilihan, coba perhatikanlah panel Layer. Layer pada Illustrator berbeda dengan Photoshop. Layer pada Illustrator terdiri dari banyak bentuk yang bernama “path”. Kumpulan path inilah yang membentuk gambar Anda dalam layer tersebut. Untuk mengubah urutan posisinya, Anda cukup menariknya (drag) dan menempatkannya ke lokasi yang Anda inginkan.

  1. Memodifikasi dan memperbaiki gambar Tidak selamanya, saat menggunakan Pen Tool, bentuk yang kita hasilkan sempurna adanya. Ada kalanya, perlu ada bagian yang ditambahi oleh poin, atau bisa jadi malah dikurangi. Anda bisa menggunakan add/delete anchor point tool yang tersembunyi di dalam Pen Tool (tahan icon Pen Tool agar memunculkan kedua variasinya), lalu menggunakan Direct Selection Tool (pointer berwarna putih). Ketiga tool ini memang berfungsi untuk memodifikasi atau memperbaiki gambar dan terletak di Toolbox.
  2. Melengkapi pewarnaan Lanjutkanlah gambar dengan memberikan pewarnaan dasar pada setiap gambar. Optimalkan fungsi dari Layer agar memudahkan pekerjaan Anda. Efek bayangan bisa ditambah kan nanti.
  3. Menambahkan efek Jika Anda ingin memberikan efek transparan atau mengurangi opacity sebuah objek, Anda bisa memilih objek yang Anda inginkan terlebih dahulu dengan Selection Tool (kursor berwarna hitam) kemudian atur opacity-nya.
  4. Memberikan efek bayangan Agar ilustrasi Anda terlihat lebih nyata, ada baiknya jika ditambahi dengan bayangan. Pemberian bayangan di Illustrator bisa disiasati dengan membuat path lain yang berwarna lebih tua. Selain itu, Anda juga bisa memainkan opacity-nya dengan memilih path yang Anda inginkan, lalu mengatur opacity-nya di panel bagian atas.
  5. Penyelesaian akhir Lengkapi hingga ilustrasi Anda selesai. Setelahnya, Anda bisa merapikan poin-poin yang ada dengan menggunakan Direct Selection Tool (kursor bewarna putih seperti pada poin ke-7). Layer yang mempunyai nama dan struktur yang teratur akan mempermudah Anda dalam proses pengeditan.
  6. Hasil akhir Jika diperhatikan, gambar pada langkah 11 belum rapi. Sebagian keluar dari area yang ditentukan. Tidak masalah. Bagian yang keluar dari kotak tidak akan tampil jika kita menyimpannya dengan format yang tepat. Pilih File | Export, kemudian pilih format .JPEG atau .PNG. Setelah memilih lokasi penyimpanan dan nama file, kita bisa mendapatkan sebuah ilustrasi yang siap digunakan. Gunakan kualitas terbaik agar gambar Anda tidak terlihat pecah atau kabur ketika digunakan.

Sumber : net89.net

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *