Kilas Industri Otomotif di Indonesia

Bukan cuma industri yang merancang dan merakit sendiri produk otomotifnya yang diuntungkan dengan perangkat lunak perancang seperti Autodesk. dalam gelaran Autodesk Solution day 2013, perusaahaan manufaktur yang hanya merakit mobil seperti Toyota indonesia pun menggunakan perangkat lunak perusahaan milik Autodesk. Software itu digunakan untuk merancang Kijang innova yang memang ditujukan untuk pasar indonesia dan Asia pasifik.

Baca juga : Net89

Rudi Budiman, Styling design chief pT Toyota Motor Manufacturing indonesia (TMMiN) menyebutkan bahwa menggunakan software 3d, visualisasi, dan simulasi Autodesk meningkatkan akurasi sebesar 90% dan mengurangi waktu pengembangan hingga 35%. di pasar ASEAN, volume produksi mobil yang dirakit di indonesia menjadi kedua terbesar setelah Thailand. indonesia memproduksi, 1.208.211 unit dan Thailand 2.457.057 unit. Sementara Malaysia untuk produksi, hanya 601.407 unit. ini berarti industri otomotif Thailand berkontribusi 55,2 persen, indonesia 27,2 persen, dan Malaysia 13,5 pesen dari 4.439.474 unit mobil yang diproduksi di Asean.

Berbicara soal produksi mobil nasional, mengingatkan kita di pertengahan tahun 90-an dimana indonesia juga berambisi memiliki mobil produksi sendiri. Saat itu pengusaha lokal banyak yang mencoba memasuki industri ini. BJ habibie bekerja sama dengan perusahaan Australia (orbital) untuk mengembangkan teknologi mesin. pengusaha lokal lain yang coba berkarya di industi ini semisal, Bakrie dengan Beta 97 MpV, Bimantara, dan Texmaco.

Sayang tak ada yang berhasil mencapai produksi massal karena tersandung krisis 1998. hanya Timor yang mendapat dukungan pemerintah lewat Kepres dan inpres. Timor saat itu bekerja sama dengan KiA Motors di Korea Selatan. Seperti halnya proton dan perodua, Timor hanya merakit dan me-rebadge produk KiA. dalam peta jalan jangka panjang, Timor akan meningkatkan presentasi komponen lokal mulai 20 hingga 100% secara periodik. Sayang produksi ini pun akhirnya terlunta setelah dihantam krisis dan bergantinya pemerintahan.

Jalan panjang Proton

Proton (Perusaahaan Otomotif Nasional) adalah perusahaan mobil nasional Malaysia yang berdiri sejak 1983. Perusahaan ini awalnya memanufaktur mobil besutan Mitsubishi. Proton memulai produksinya di tahun 1985. Setelah limabelas tahun berjalan, barulah perusahaan otomotif ini mulai mengembangkan produk buatannya sendiri di tahun 2000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *