Jalan panjang Proton

Adalah Proton Waja yang jadi produk asli pertama mereka. “(Di Proton) Kami membuat dari nol, seluruh komponen dan desain kami rancang sendiri,” terang Azlan. Empat belas tahun merancang dan merakit sendiri produk otomotifnya, kini Proton menyodorkan Proton Iriz sebagai salah satu produk andalan mereka. “Kami baru 30 tahun bermain di dunia otomotif, memang cukup sulit bila dibandingkan dengan merek-merek lain yang sudah berjalan puluhan hingga ratusan tahun di depan kami,” ujarnya.

Proton Iriz menjadi kebanggan Proton karena perancangan mobil ini menjadi tonggak pencarian identitas produk otomotif Malaysia. Iriz baru diperkenalkan di Malaysia September lalu. “Jadi, mungkin ini kali pertama kami kenalkan di Indonesia,” tambahnya lagi. Selain Proton, Perodua (Perusahaan Otomotif Kedua) jadi perusahaan otomotif lokal lain di Malaysia yang didirikan pada 1992. Pada 1994 perusaahaan ini memproduksi mobil pertamanya bekerja sama dengan Daihatsu.

Hingga kini, Perodua masih merakit dan me-rebadge produk-produk Daihatsu untuk pasar Malaysia. Perusahaan ini kini memakan kue penjualan terbesar pasar mobil di Malaysia dengan menggenggam 31% pangsa pasar. Mengungguli Proton yang menguasai 21% pasar. Berdua, Proton dan Perodua menguasai lebih dari setengah penjualan mobil di Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *