DAPURAN AWI

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan kota Bandung dari ketinggian sambil makan enak adalah dengan mendatangi rumah makan Dapuran Awi yang terletak di Punclut. Jalur alternatif menuju Lembang ini bisa diakses melalui jalan Siliwangi, lalu belok ke kanan melewati kawasan kampus Universitas Parahyangan yang terus menanjak hingga bertemu kawasan Punclut yang memiliki jalan berkelok. “Jika terus menanjak, nanti akan sampai ke Pasar Lembang,” jelas Bpk Riki Nurbahtiar, pengelola rumah makan ini.

Kawasan Punclut dikenal dengan sajian khas nasi merah. Nasi berbahan beras merah ini memiliki serat yang lebih banyak dibandingkan nasi putih, sehingga baik untuk berdiet atau penderita diabetes. Sajian nasi merah disajikan bersama ragam pilihan lauk, mulai dari ayam goreng, ayam bakar, nila, gurami, kerapu, udang, hingga usus dan gepuk sapi. Sajian ini rata-rata dipatok mulai Rp 20 ribu – Rp 40 ribuan.

Di sini ada juga paket timbel hingga nasi liwet untuk santap ber-4 yang dipatok Rp 180 ribu, dan terdiri dari nasi liwet, ayam goreng/bakar, pete bakar, pepes peda, tahu, lalapan dan sambal kecap, sambal tomat, atau sambal terasi. Ada juga nasi goreng jamur kelapa yang tersaji dalam batok kelapa segar. Sajian sop buntut pun sangat cocok dinikmati di udaraPunclut nan dingin. Selain sop buntut, tersedia juga versi bakarnya, sop iga, sop iga bakar, hingga sop ayam.

Atau jika enggan makan berat, ada kopi jahe hangat yang sangat nikmat. Di belakang rumah makan sebidang kebun yang dikembangkan untuk menanam ragam rempah dapur, khususnya empon-empon seperti jahe, laos, kunyit, hingga kencur. “Ini bagian dari edukasi kami untuk para pengunjung, khususnya generasi muda yang mungkin kurang mengenal jenis-jenis rempah dapur,” imbuh Riki. Rumah makan berkapasitas lebih dari 200 pengunjung ini siap melayani Anda mulai pukul 11.00 – 23.00. Khusus Minggu pagi, buka pukul 06.00 karena terdapat pasar rakyat yang meriah di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *